Posted by : Satria Reformasi Kamis, 09 Oktober 2014


Root adalah bahasa inggrisnya akar. "Kok Akar ???" | iyalah coba aja cari di kamus pasti artinya akar :D . Kenapa dikatakan Akar ?. Sebenarnya Root itu adalah suatu proses yang kita lakukan untuk mengambil penuh kekuasaan hak akses kita pada Android. "Lah terus untungnya apa kalau di Root terus kalo di root apa aja kerugian yang kita dapat setelah di root android kita ?. Nah, untuk itu disini saya akan membahas tentang keuntungan dan kerugian root pada android.

KEUNTUNGAN
  1. Hak Akses sudah sepenuhnya di ambil oleh kita. Sebelum di root android anda sebenarnya hak akses di pegang penuh oleh vendornya dan setelah root anda bebas membuka system-system yang bisa anda kelola sendiri.
  2. Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan. Nah, pasti anda tidak menyukai dengan aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dicopot pemasanganya (unistall) yang sudah ada saat anda beli android tersebut ?? Tapi setelah di root anda bebas menghapus aplikasi tersebut dan membuangnya jauh-jauh.
  3. Anda bisa bebas menginstall OS/ROM android anda. Pasti dong anda pernah dengar yang namanya CUSROM? Dengan setelah android anda di ROOT maka android anda sudah bisa di install cusrom. Misalnya android anda adalah Samsung Galaxy Young dan anda bisa mengganti OS (operation system)nya menjadi Samsung Galaxy S4, MIUI, ZENFONE dan ROM sesuai selera anda.
  4. RAM anda lebih bebas. 
  5. Dan mengedit android anda seperti edit systemUI atau ROM anda dengan bebasnya

Nah, itu tadi adalah keuntungan yang anda peroleh jika android anda sudah di root namun keuntungan tidak datang sendiri, dibalik keuntunganya ada juga kerugianya.

KERUGIAN

  1. Garansi Hilang. Nah ini adalah salah satu kerugian yang ditakuti oleh para konsumen, mengapa setelah root garansi hilang ? Ya, dikarenakan hampir semua vendor-vendor (distributor) smartphone anda tidak akan menerima garansi anda apabila android anda ada kerusakan atau kegagalan pada sistem android anda. Dikarenakan ini lah root tidak dianjurkan oleh para vendor-vendor dikarenakan android yang sudah di root memiliki resiko kerusakan sistem yang tinggi.
  2. Cepat Panas. Kenapa dikatakan cepat panas ? dikarenakan ketika anda men-tweak android anda secara otomatis hardware-hardware android akan secara cepat bekerja. Memang setelah di root android anda akan lebih cepat namun dibalik kecepatan yang anda dapat harus menanggung resiko cepat panas baterai anda atau handheldnya.
  3. Lebih mudah terkena Malware/Virus. Ya ini adalah resiko yang harus anda hadapi setelah di root, dianjurkan setelah di root android anda di install aplikasi antivirus atau semacamnya
  4. Kegagalan Sistem. Dan ini lah menurut saya resiko paling parah setelah di root. Kemungkinan jika anda men-tweak android anda tanpa ada antisipasi/backup akan terjadinya bootloop (stuck di logo), hardbrick ataupun softbrick. Akan tetapi itu berlaku jika anda benar-benar mengubah sistem-sistem yang ada, jika anda hanya men-root hape anda mungkin anda tidak akan mengalami hal tersebut.

Itulah kerugian dan keuntungan dari root pada android anda, jika memang anda masih ragu untuk root android yang anda punya sebaiknya jangan di root dikarenakan bisa saja anda mendapat kerugian yang tercantum di atas tadi.


Tinggalkan Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar anda jika ada link yang rusak atau sebagainya

MY NAME IS SATRIA BLOG

Arsip Blog

DMCA

- Copyright © My Name Is Satria - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -