Posted by : kRis TiAn dMt Rabu, 30 September 2015


THE BEATLES, Siapa yang tidak kenal dengan Band Rock & Roll asal Liverpool, Inggris ini. Walaupun terlahir pada tahun 60'an, tak terpungkiri penggemarnya masih menjalar ke generasi muda yang sangat mencintai Band tersebut termasuk saya hehehe. Kalau anda adalah Beatlemania, eitss jangan anggap anda sebagai Beatlemania jika belum mengetahui fakta-fakta dari band legendaris tersebut, apa sajakah faktanya ? berikut merupakan fakta-fakta tentang The Beatles :


1.  EJAAN YANG BENAR
Enskilopedia Online pernah mempermasalahkan dan mendebatkan Ejaan yang benar antara "the Beatles" (dengan t kecil) dan "The Beatles" (dengan t besar). Perdebatan ini dilandasi atas dua Landasan. Landasan pertama adalah karena surat-surat tulisan tangan John Lennon menulis "the Beatles". Landasan kedua karena aturan gramatikal atas merek dagang & logo dalam situs resmi The Beatles yg menulis "The Beatles" (dengan huruf "T" kapital). Entah saya belom tau perdebatan ini masih berlangsung atau udah selesai.

2.  INSPIRASI LAGU "Michelle"

Lagu "Michelle" terispirasi Paul McCartney dari teknik favorit nya dalam memilih wanita saat pesta. Dalam pesta, Paul McCartney ketika remaja sering bergaya denga pakaian hitam, duduk di pojok sambil memainkan Gitar dengan lirik-lirik Prancis, hanya untuk melihat apakah ia bisa menarik lebih dari 1 "Julliete Greco" (tipe wanita). Pada kenyataannya cara ini tidak pernah berhasil. Kemudian Lennon memberi saran kepada Paul untuk menulis lagu yg mengandung lirik bahasa Prancis. Dan terciptalah "Michelle". Lagu "Michelle" ini pernah dibawakan oleh Paul di depan Michelle Obama, yg merupakan istri dari Barrack Obama. Paul membawakan "Michelle" di depan Barrack Obama di Gedung Putih (White House), Istana Kepresidenan Amerika pada 2 Juni 2010.

3.   Tidak ada Satupun dari Keempat Personil The Beatles yang bisa membaca Not Balok

Saya awalnya tidak percaya , tapi ini emang benar-benar terjadi !. Para Personil The Beatles memang tau chord-chord dan instrumen-instrumen dalam gitar (termasuk Drummernya), namun mereka tidak bisa membaca not Balok. Paul McCartney merupakan satu-satunya personil yang kepingin belajar not balok, cuma gak punya waktu dan kesabaran buat belajarnya. Tapi ketiga personil lain gak ada yang minat buat belajar.  tapi jangan salah gan, walau gak bisa baca not balok, Paul McCartney bisa bikin alunan melodi indah dalam piano seperti : Hey Jude, Let It Be, The Long And Winding Road dll. Dalam clip Imagine aja, John Lennon memainkan melody yang sangat sederhana yang diulang-ulang sampai akhir lagu. Itu mungkin karena John tidak tertarik membuat melody yang rumit dikarenakan ketidak minatannya terhadap piano 

4.   Album kedua The Beatles, With The Beatles, dirilis bertepatan dengan hari ditembaknya Presiden AS ke-35, John F. Kennedy.


Album ini merupakan Album Kedua The Beatles, Dirilis pada 22 November 1963. Yup, benar sekali tanggal tersebut bertepatan dengan hari dimana John F. Kennedy ditembak.

5.   Penolakan Decca Record terhadap The Beatles adalah Kesalahan Terbesar dalam Sejarah Industri Musik Internasional.


Pada tahun 1961 The Beatles lagi nyari perusahaan rekaman buat bandnya itu, Decca Record adalah pilihan pertamanya The Beatles. Tapi sayangnya Decca Record malah nolak mentah-mentah. Decca menolak menggunakan kalimat ini: "Guitar groups are on their way out" sama "The Beatles have no future in show business." Karena pada kenyataannya Band yg diremehin Decca ini masih jadi Legend sampai sekarang ini  Penolakan ini disebut-sebut sebagai kesalahan 'TERBESAR' Sejarah Industri Musik Internasional. 

Tapi Penolakan ini bawa hikmah juga buat The Beatles sendiri. Nah, karena ditolak, The Beatles ngelamar lagi di Pharlophone. Dan mereka diterima disini, mereka di Produseri oleh George Martin. Dia disebut-sebut sebagai "The Five'th Beatles". Soalnya dia sangat berpengaruh buat The Beatles, dia ngarahin lagu-lagu The Beatles bagusnya kemana dan gimana. Seperti yang di denger-denger di Album Anthology, disana banyak lagu The Beatles yang masih demo, dan belum pas menurut saya buat dimasukin ke Album Resmi. Dan menurut saya yang ngepas'in arah musik-musik The Beatles itu George Martin sendiri.

6.   The Beatles pernah mencatatkan 12 lagu nya dalam minggu yg bersamaan dalam "Billboard Hot 100 singles chart" 4 April 1964


Lagu Lainnya :
“I Saw Her Standing There” (31) 
“From Me to You” (41) 
“Do You Want to Know a Secret” (46)
“All My Loving” (58) 
“You Can’t Do That” (65) 
“Roll Over Beethoven” (68) 
“Thank You Girl” (79).
"There's A Place."

7.   Mobil VW Beetle pada Cover Album "ABBEY ROAD" seharusnya tidak disitu.


Album ini merupakan Album paling Fenomenal didunia. Dijual 4 juta copy dalam 2 bulan. Fantastis. Tapi tahukah agan-agan sekalian ? Seharusnya dalam Sesi pemotretan cover albumnya, seharusnya tidak ada Mobil VW putih itu. Niatnya VW ini mau dipindahkan, tapi pemiliknya lagi liburan. Ada ada saja ya ?? hahaha.

8.   Mobil VW pada Album Abbey Road merupakan Mobil paling Populer didunia.


Namanya juga Legend, apapun yang berkaitan dengan Legend, pasti mendunia. Contohnya Mobil yang gagal dipindahin ini. Mobil yang numpang kena 'jepret' ini memiliki plat nomor "LMW 28IF". Plat nomor ini telah berkali-kali dicuri orang, sampai pernah juga dimasukin ke Museum setempat. Dan akhirnya Plat nomor ini dilelang. Harga Akhirnya mencapai 2,350 Euro!! Fantastis untuk harga sebuah Plat Nomor.





Fakta Lainnya :

10. "Drive My Car" adalah lagu pertama yg direkam tengah malam pada 13 Oktober 1965.

11. Final chord pada lagu "A Day In The Life" dimainkan oleh John, Paul, Ringo, Mal Evans & George Martin menggunakan 3 piano yang berbeda dalam 4 kali multi-track untuk mendapatkan efek yg maksimal.

12. Dalam lagu "Taxman", Paul McCartney menjadi bassist menggunakan Rickenbacker 40001-s dan juga menjadi lead guitarist menggunakan Epiphone Casino.

13. Tidak ada satupun dari John Lennon, George Harrison dan Ringo Starr yang datang ke pernikahan Paul McCartney dan Linda Eastmen.

14. Saat masih pacaran bersama Cynthia, John Lennon kerap minta uang kepada Cyn untuk membeli rokok. 

15. John Lennon pernah digosipkan mempunyai penyakit benci kenyang, jadi kalo dia merasa kenyang, dia akan paksa memuntahkan makanannya kembali.

16. Ringo Starr adalah penggemar Megadeth.

17. Saat proses rekaman Real Love, Paul McCartney nyeletuk "John Lennon lama sekali minum kopinya diluar."

18. Album yang terakhir ditanda-tangani oleh John Lennon, Double Fantasy. Dilelang hingga 6M lebih.

19. Lagu I Saw Her Standing There, ditulis ketika Paul dan John bolos sekolah.

20. Dari Keempat personil The Beatles, tidak ada yang benar-benar ngefans sama Liverpool FC, padahal itu tempat lahir mereka. Bahkan Paul lebih suka Everton FC, karena itu club kesukaan bapaknya.

22. Tak ada seorangpun dari anggota The Beatles yang percaya bahwa mereka berempat bakal terkenal sebagai pemusik.

23. George Harrison masih ada keturunan dengan Kerajaan Irlandia.

24. Ravi Shankar merupakan orang yang menginspirasikan sekaligus memerintahkan para personil The Beatles untuk Berkumis.

25. Konon, sampai akhir hayatnya, Linda Eastman (istri Paul McCartney) masih dendam terhadap Yoko Ono.

26. Saat Pete Shotton (teman SMA John) berkata kalau dia ingin keluar dari bandnya John Lennon, The Quarrymen. John Lennon memukulnya dengan alat pencucucian.

27. Bibi John Lennon, Mimi. Pernah berkata, "Bermusik tidak akan menghasilkan Uang." Lalu beberapa tahun kemudian setelah The Beatles sukses, John Lennon memberikan cindera mata untuk bibinya dengan ditambah kutipan kata-kata dari bibinya.

28. Penampilan John Lennon semasa muda, sangat diinspirasikan oleh penampilkan Buddy Holly.

29. Sebenarnya John Lennon mempunyai mata min, sehingga saat dia masih muda, namun saat era 1962-1966 John Lennon malu menggunakan kacamata. Dan sepulang dari India, 1967an John Lennon mulai memakai kacamata.

30. George Harrison tidak tahu seberapa banyak uang yang dimilikinya.

31. John Lennon mendapat inspirasi untuk menulis lagu Sexy Sadie ketika The Beatles sedang di India, yang dimaksud adalah Maharishi Mahesh Yogi.

32. The Beatles memiliki lagu yang cukup unik, yakni Paul dan John menangis saat menyanyikannya. Lagu itu berjudul "JUNK", dapat kita temui pada album Anthology 3.Lagu ini direkam sewaktu di India. Lagu ini juga pernah juga direkam ulang secara solo oleh Paul McCartney pada 1970.

33. Pattie Boyd, istri dari George Harrsion awalnya hanya penata rambut pribadi George.

34. Paul McCartney bisa memainkan alat musik; Bass, Guitar, Piano, Trompet, Drum dan Ukulele secara otodidak.

35. John pernah bilang kalau permainan Drum Paul lebih bagus daripada Ringo Starr (Drummer The Beatles Sendiri !). 

36. Drummer pada lagu The Ballad of John And Yoko adalah Paul McCartney, karena waktu itu Ringo sedang bolos.

37. Helter Skelter disebut sebagai lagu 'Heavy Metal' pertama didunia.

38. The Beatles sempat melanggar adat Jepang dan sempat merubahnya. Nippon Budokan Hall, merupakan tempat yang dikhususkan untuk menampilkan adat-adat jepang sejak pertama dibangun. Namun pada 1966 The Beatles konser ditempat itu. Bisa dibilang The Beatles merupakan Band Rock yang pertama bahkan satu-satunya yang pernah tampil disana.

39. John Lennon baru bisa memainkan gitar ketika umur 17 Tahun.

40. Louise Harrison, ibu dari George Harrison selalu menjadi pendukung fanatik The Beatles.

41. Paul dan John menamakan anak pertama mereka dengan nama ibu kandung mereka sendiri. Walau anak pertama mereka laki-laki.

42. Pada 1964 masing-masing Personil The Beatles dipanggil secara resmi ke Istana Kerajaan Inggris untuk pemberian gelar "MBE" (Gelar anggota kerajaan). John menganggapnya biasa saja. Tapi mendapatkan gelar terhormat dari Kerajaan Inggris diusia yang masih muda itu menurut ane hebat.

43. John Lennon pernah sempat diberikan gelar 'SIR', namun John menolaknya.

44. John Lennon bisa dibilang orang yg lancang, karena dia sempat menjadikan Ratu Elizhabeth II sebagai lelucon dan disampaikan didepan umum. Dia juga pernah menyebut bibinya "F*ck Mimi".

45. Saat launching lagu "All You Need Is Love" The Beatles melakukan Live ke 27 Negara. Hal ini sempat membuat Elvis iri dan turun daun.

46. The Beatles sempat 'merasa' tertipu oleh Maharhisi.
Maharishi adalah guru spiritual dari The Beatles, pertama kali bertemu pada 24 Agustus 1967 di Hotel Hilton London, karena ketertarikannya pada Maharishi The Beatles memutuskan untuk pergi lebih lama ke India pada awal 1968 (karena akhir 1967 The Beatles sempat ke India namun hanya beberapa hari saja). Berbulan-bulan George dan John bermeditasi di India bersama Maharishi (Paul dan Ringo memutuskan pulang dan hanya bertahan beberapa minggu saja). Lalu pada suatu malam John Lennon melihat Maharishi memperkosa teman satu rombongannya, Maria Farrow Prudence. John pasti marah, karena itu merupakan pelecehan Guru terhadap muridnya, dan akhirnya John dan George memutuskan meninggalkan Maharishi. John sempat membuat beberapa lagu untuk Maharishi seperti "Dizzy Mizz Lizzy" dan "Sexie Sadie". Untuk menghibur Maria Farrow karena telah dinodai oleh Maharishi, dia dihibur dan dibuatkan lagu oleh John dan diberi judul "Dear Prudence". 





Yap Beatlemania sekalian itulah tadi seputar fakta-fakta tentang THE BEATLES sang band Rock&Roll yang populer dan melegenda hingga detik ini. Share fakta ini untuk Beatlemania yang belum tahu ya ! Semoga Bermanfaat.



Tinggalkan Komentar Anda

Silahkan tinggalkan komentar anda jika ada link yang rusak atau sebagainya

MY NAME IS SATRIA BLOG

Arsip Blog

DMCA

- Copyright © My Name Is Satria - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -